Doa Darah Mulia YesusDoa Darah Mulia Yesus

Santa Katerina dari Siena

Dilahirkan di Siena pada tanggal 25 Maret 1347, menjadi anggota Ordo Dominikan ke tiga, seorang skolastik filsafat dan teologi yang sangat berpengaruh dalam Gereja Katolik.  Dia diangkat menjadi salah seorang doctor Gereja.

Semenjak masa kecilnya, Katerina ingin mendevosikan diri sepenuhnya bagi Allah, sesuatu yang bertentangan dengan kehendak kedua orangtuanya.  Pada usia 6 tahun, ketika sedang bermain bersama Stephano di bukit Camporeggi, Katerina berhenti seraya memandang ke arah langit tanpa berkedip karena pemandangan alami yang begitu indah.  Sejak saat itu dia terpikat dengan penampakan surgawi di langit yang seolah terbelah.  Sejak saat itu, Katerina suka berdoa yang lama dan berpuasa.

Mona Lapa, ibunya menunggui cemas anak kesayangannya yang telah menjadi kurus karena terserang cacar.  Sang ibu akhirnya dengan berat hati memenuhi permintaan anaknya untuk pergi menjumpai pembesar Suster Mantellate, untuk menerima Katerina sebagai anggota ordo religius itu.  Dalam waktu relatif singkat dalam komunitas biara, Katerina dikenal sebagai orang yang memiliki fenomena mistik sangat menonjol.

Katerina berhasil membujuk Paus Gregorius XI untuk kembali dari pengasingannya di Avignon, Perancis, kembali ke Roma.  Olehnya, Katerina diutus sebagai juru damai dengan Florence.  Sejak kematian Paus, Katerina kembali ke Siena dan menuliskan pembahasan spiritual mendalam yang selanjutnya dikenal sebagai Dialog.

Arus skisme yang melanda di dunia Barat pada saat itu, membuat Katerina pergi menjumpai Paus di Roma.  Dia menuliskan banyak surat yang ditujukan kepada para raja dan kardinal agar mereka tetap setia kepada Paus Urban VI dan membela apa yang disebutnya sebagai “bejana Gereja.” Dia meninggal pada tanggal 29 April 1380. Paus Urban VI merayakan misa arwah dan pemakamannya di Basilika Santa Maria sopra Minerva di Roma.

Pesta nama Santo Katerina tanggal 29 April, santa pelindung bagi Amerika Serikat, Itali, ibu yang keguguran kandungan, orang yang diejek karena imannya.

Santa Katerina, doakanlah kami.

Doa Darah Mulia Yesus
Doa Darah Mulia Yesus